Tuesday, March 08, 2005

Anak2 These Days

Dulu, zaman aku kecil, zaman normal. Sekolah adalah saat menyenangkan. Pergi sekolah pagi2 jalan kaki, kadang di tengah jalan suka ketemu temen yang lain. Sudah sekolah, ya maen. Kalo aku sukanya naek sepeda, nyair (cari ikan di sawah/sungai pake saringan-red), dan mainan seru lainnya. Pulang ke rumah agak sorean (thank GOD aku gak pernah disuruh tidur siang), ngaji pas maghrib di mesjid (plus ngegangguin santri cewek atau gulat2an di mesjid, dan dimarahin sama bapak2 mesjid), terus nonton TV atau maen lagi. Belajar kalo ada PR atau mau ulangan aja, kadang juga ngerjainnya sama temen2--dulu namanya kerja kelompok.
Tapi aku sedih kalo liat ponakanku sekarang. Pergi dianterin atau pake jemputan soalnya sekolahnya jauh, sendirian, soalnya anak-anak tetangganya sekolahnya pada beda2, ada yang di sekolah A, B dsb. Belajar sampai siang, pulang jam 2an dijemput, di mobil pasti tidur, selain cape juga maccett! Baru istirahat sebentar disuruh ngaji, pake mobil lagi --walau ga sejauh sekolahnya-- trus pulang jam 5an. Selepas maghrib ngerjain PR, yang seringkali seabreg, kalo ga bisa dimarahin ibunya. Gak jarang belajar sambil nangis.

Untungnya hari Sabtu dan Minggu dia libur, jadi bisa main di rumah. Untungnya lagi, dia lumayan akrab sama temen-temen di kompleknya walau ga satu sekolahan, jadi bisa maen sepeda2an, tamiya, atau PS barengan. (Jangan harap mereka tau apa itu nyair, dan permainan tradisional lainnya). Kalo ponakan yang di Jakarta boro2 mau maen sama tetangganya..orang ga kenal.
Duh.. cape banget ya jadi anak sekarang. Aku ga ngerti apakah ini tuntutan zaman atau buah kekhawatiran para orang tua akan masa depan anaknya. Aku selalu berpikir, menjadi anak2 itu kesempatan yang hanya satu kali, jadi biarkan mereka bersenang2 dengan aturan bukan kekangan dan tekanan. Sekolah di deket rumah gak berarti lebih jelek dari sekolah unggulan. Bermain bukan berarti ga belajar.Seringkali dari obrolan sesama teman anak2 belajar banyak hal.
Bahasa Inggris?tenang aku dan banyak temen seperti aku juga belajar dgn sendirinya kok. Hal ini juga yang membuat aku senang bekajar bersama mereka. Mendengar cerita mereka sangatlah menyenangkan.

So, kids you can mess my room anytime you all want!