Saturday, May 20, 2006

Wisata Abad Pertengahan ala Da Vinci Code


Kemarin adalah premiere film Da Vinci Code di Bandung dan juga banyak kota di dunia. Aku nonton bersama Yani dan Dian, di Braga Citywalk lagi. Aku penasaran nonton film kontroversial ini dikarenakan begitu banyak artifak yang ingin aku liat secara tiga dimensi. Illustrasi di buku Dan Brown memang sangat membantu, tapi tetap saja keingintahuan aku belum cukup terpuaskan.
Seperti diketahui, film ini mengangkat thema yang sensitif dan cukup kontroversial. Konspirasi vatikan yang menutupi "kebenaran" akan kefanaan Yesus melalui pembeberan teka-teki yang terselubung di dalam karya-karya seni Leonardo da Vinci.
Film ini dibintangi begitu banyak nama besar, Tom Hanks (Robert Langdon), Ian McKellen (Sir Leigh Teabing), Alfred Molina (Aringarosa), Jean Reno (Bezu Fache), Paul Betthany (Silas) dan Audrey Tatou (Sophie Neuvile). Jujur saja, film ini akan sulit difahami kalau kita gak baca bukunya. Apalagi untuk non nasrani yang gak begitu mahfum tentang sejarah katolik. Aku pribadi merasa sangat terhibur oleh taburan gambar karya seni seperti Monalisa, Madonna of The Rock, The Last Supper ataupun tempat-tempat bersejarah abad pertengahan seperti museum Louvre, Kastil Isaac Newton, Rosslyn Chapel dan banyak lainnya. Untuk yang sudah membaca bukunya, seperti aku, pasti akan merasa alur film ini terlalu cepat. Tapi aku mengerti kok, dengan alur seperti ini saja, durasi film sudah sampai 2.5 jam, apalagi kalo harus detail.
Cukup menyenangkan. Tapi, ya, betul, rambut Tom Hanks tampak mengganggu he..he..

No comments: