Thursday, October 27, 2005

Flashback--SD Edition Part 2

Sekarang aku mau cerita "kehidupan sehari-hari" di SD aku. Secara garis besar gak jauh beda sih sama SD-SD inpres (istilah ini sekarang masih ada gak sih? he..) lainnya. Tapi jauh banget beda sama SD sekarang.
Pulang sekolah biasanya kita suka dikasih PR banyak. Nah dalam rangka ngerjain PR tersebut, kita suka "kerja kelompok". Sekelas dibagi ke sekitar 6 kelompok, jadi masing-masing kelompok beranggotakan sekitar 5 orang. Kerja kelompok ini dilakukan di rumah salah satu anggotanya, paling sering sih rumah aku. Kalo kita udah selesai ngerjain PR nya, biasanya kita main-main atau makan makanan yang dibawa masing-masing anggota kelompok. Pernah suatu hari kita kerja kelompok, cuman aku pas sakit gigi, jadi maunya aku kalo udah selesai PRnya, temenku pada pulang, tapi malah main boneka kertas. huh! Yang paling rame itu kalo kerja kelompok kita gabungin sama kelompok-kelompok lain. Wah, dijamin berisik. Yang suka dipake rumahnya Yayuk, soalnya Ibunya baek banget dan banyak makanan. Pernah lho dalam kurang dari satu jam, pohon jambu aer di rumahnya ludes kita makanin, padahal saat itu buahnya banyak banget.

***
Hal yang seneng lagi kalo gak ada guru, kita gak pernah seliweran keluar kelas. Kita suka bikin permainan atau belajar, yah memang sedikit lebih ribut sih kalo dibandingkan dengan gurunya ada. Pernah suatu kali kita ngadain cerdas cermat di kelas, kita buat tim pembuat soalnya, biasanya aku, Yayuk sama Endah. Kita bikin beneran ada hadiahnya, yang nyediain hadiahnya, ya, biasanya Yayuk lagi he..he.. Guru-guru kalo ngeliat kita lagi cerdas cermat suka ngediemin. Itulah yang bikin aku ngerti sekarang. Mereka ngajarin aku untuk mandiri dan kreatif.
Guru-guru juga suka ngajar kita pake praktek. Dari mulai hal-hal sederhana seperti cara bertamu, cara menjadi tuan rumah (sederhana ya, tapi penting banget untuk anak SD) sampai disuruh "wawancara" ke tukang jualan di pasar, kantor pos, atau warung. Wah hal ini yang paling aku inget sampai sekarang. Masih kebayang betapa gemetarannya aku pas nanya-nanya ke Tukang jualan boneka di pasar. Dan mereka asli ramah-ramah banget. Pas udah selesai kita sekelompok girang banget!! (Thanks a bunch bu Mia!)

***
Sekolah aku punya banyak taman berpetak-petak. Masing-masing petak tanggung jawab anak kelas 6. Jadi pas aku kelas enam punya taman yang aku rawat banget. Taman itu bebas kita kreasikan mau kita tanam pohon apa aja, asal disetujui Pak Guru. Aku jadi inget taman itu suka kita bersihin sekaligus jadi tempat bermain, Aku dan Sidik suka banget sama Goggle Five, jadi taman itu kita jadikan markas, dan kita bikin patung goggle five disana. Seneng banget!

***
Belum lagi perayaan-perayaan sekolah seperti kelulusan, hari Kartini atau buka puasa bareng. Gosh Sometimes I miss that olddays!!

No comments: