Friday, June 08, 2007

Chrisye, "Sebuah Memoar Musikal"

Pertama kali membaca buku ini ketika aku di Potluck. Bayangan aku buku biografi adalah buku yang membosankan. Jadi, aku baca bukunya sekedar pingin liat fotonya aja. Apalagi saat itu Chrisye baru saja meninggal dunia. Tapi ternyata sejak halaman pertama, buku ini sangat jauh dari bosan. Membaca pengalaman masa kecil Chrisye sangat fun! Alberthiene Endah, sang penulis berhasil membuatnya seperti alur cerita fiksi dan tidak berlebihan.
Siapa sih orang Indonesia yang gak kenal Chrisye? Baik dari wajahnya, gayanya dan yang paling penting karyanya? Sadar atau tidak Chrisye telah mengisi kehidupan orang Indonesia, termasuk aku, baik suka ataupun tidak. Banyak lagu yang sampai sekarang masih menari-nari di kepalaku. Sampai akhirnya Chrisye meninggalkan kita untuk semuanya, tanpa terasa meninggalkan kesedihan. Padahal aku bukanlah fans beratnya.

Buku ini menceritakan hidup Chrisye yang ternyata memang sangat bersahaja seperti penampilannya. (Diluar gaya Hip Hip Hura, yang dia sendiri ternyata tidak nyaman, haha). Buku ini juga menceritakan Chrisye sebagai seorang yang perfeksionis sekaligus idealis. Hal yang jarang ditemukan di dunia entertainment yang bergelimang materi. Bab demi bab membuatku seperti mengenalnya.

Buku ini berhasil membiusku sampai jam 2 malam. Dan setelah aku menutup halaman terakhir, aku ternyata merindukan Chrisye...

2 comments:

Taiko Tari said...

wahhhh jadi pingin baca. Aku suka banget lagunya Chrisye yang judulnya "Cinta", clipnya bagus banget kan tuh. Inget ada Indra Safera joged2 sama Titiek Puspa. lovely clip.

hijau said...

Di video klip itu banyak banget ya artisnya. Dari yang senior sama yang baru muncul. Katanya pada gak dibayar tuh. Chrisye memang hebat!