Wednesday, February 28, 2007

My Lovely Mantjeu(s)

Kalau aku disuruh memilih sesuatu yang ada di Bandung yang tak bisa aku tergantikan di tempat lain. First thing, pasti aku akan memilih Mantjeu. Hahaha, sebetulnya Mantjeu hanyalah sebutan yang aku karang untuk my fabulous hairdressers.
Tempat cukur rambut langganan aku sejak SMA adalah Saluyu Barber Shop di Jl. Gegerkalong. Tukung cukurnya ada 3 orang, terlihat serupa dan seperti bersaudara. Berkumis, berbadan tinggi besar dan berambut klimis. Aku gak tahu satu pun nama-namanya. Dari dulu sampai sekarang. Jadi biasanya aku hanya bilang Kang, untuk sebutannya. Mereka berasal dari Garut, Cibatu tepatnya.
Aku sangat memuja mereka. Tiga-tiganya langganan aku. Mereka sangat hapal dan mengerti potongan rambut yang aku inginkan. Biasanya memang pendek mendekati botak. Tapi aku pernah mencoba potongan rambut panjang pun mereka tetap ahli. Tempat potong rambutnya sangat sederhana. Lebih tepat berupa koridor yang dipenuhi cermin dan kursi cukur rambut. Disini hanya menerima potong rambut. Tak ada yang namanya keramas. Jadi kalo habis dicukur suka gatal2. Hehehe, keramasnya di rumah aja. Potong rambut di Mantjeu sangat nyaman, diterpa angin sepoi-sepoi ditemani radio Sinta Buana atau Lita sari yang mengumandangkan lagu-lagu sunda atau pop Indonesia. Tak pernah dangdut apalagi lagu barat.
Sangat berat bagiku berada di kota lain untuk waktu yang lama. Pernah aku tinggal di Semarang selama lebih dari 6 bulan. Sangat sulit mencari salon ataupun barber shop yang bisa menandingi Mantjeu. Setelah mengalami kegagalan demi kegagalan dari salon mahal maupun murah di sana. Akhirnya dengan terpaksa aku kembali ke Bandung.
Sebenarnya kenapa aku menyebutnya Mantjeu? Hehehe. Akan jauh lebih Ok kalo temen-temenku tanya potong rambut dimana? Mantjeu lebih keren dibanding Saluyu kan?
Kemarin, sehabis dirawat di Rumah Sakit mereka menghadiahkan haircut baru buat aku. A Very edgy haircut. Temanku kaget. Aku gak keberatan sedikitpun.

No comments: