Tuesday, January 30, 2007

Rahmat Azis

Call me a man who trapped by the past. Because maybe I do so. Seringkali aku gak bisa melupakan apalagi menghilangkan kenangan masa lalu. Baik yang buruk, lucu atau kenangan indah. Seminggu ini aku seringkali bermimpi. Pak Rahmat Azis datang ke rumah dan mencukur rambutku. Ada apa?
I'm not supertitious. Not even close. Aku tidak memikirkan mimpi itu artinya apa (walau sempet liat www.primbon.com deh hahaha). Tapi aku memikirkan Pak Azis. Pak Azis itu guru agama aku waktu di SMA. Kelas 1 dan kelas 3 aku diajar sama beliau. Masih ingat dengan jelas sosoknya yang tinggi tegap berkumis tebal dan bersuara lantang. Suaranya lebih dari cukup untuk mengajar di dua kelas sekaligus. Roman mukanya tegas, jangan harap bisa ngobrol di depan beliau. Tapi kadang-kadang Pak Azis juga suka ngelucu.
Kalo ngajar Pak Azis suka bawa-bawa karton berisikan materi. Jadi jarang banget nulis di papan tulis. Dan kalau beliau datang tanpa gulungan karton itu, artinya ulangan. Hiiiii, ya. Ulangannya suka dadakan. Mana susah lagi! Oh iya, Pak Azis punya anak yang kebetulan murid baru di kelas 1D, kelas aku. Rina Ratna Suminar. Jadi kita suka dapet bocoran kalo mau ulangan. Makasih, ya Rin. Hehehe.
Sekarang, kabarnya Pak Azis sudah pensiun. Walau masih suka ngajar sesekali. Guru tamu mungkin, ya. Terus terang aku sangat suka belajar dengan beliau. Segalanya diajarkan dengan gamblang. Walau agak galak tapi gak bikin segan buat kita untuk bertanya.
Aku jadi inget. Ceritanya dulu aku belajar ngaji, sama guru, dan di kantor guru. Artinya di sekeliling tempat aku ngaji adalah guru. Ya iya lah namanya juga ruang guru. Tapi ada satu yang beda, aku diajar ngaji bukan oleh guru Agama. Tapi sama Pa Toto yang guru matematika! Alhamdulillah Pak Azis tak pernah tersinggung. Beliau malah sangat mendukungnya. Terimakasih, pak. Terimakasih banyak.
Semoga selalu berada dalam keberkahan, kesehatan, dan keselamatan.
Amin.
02 Februari 2007; 8:48
tadi sore, dalam perjalanan pulang dari kantor, masih nyetir, handphone berdering dengan nomor yang asing. Surprise, surprise... telpon dari Pak Azis!! Alhamdulillah beliau sehat! Rina juga...

2 comments:

Taiko Tari said...

Amiin. Aduh, gua inget sama Pak Azis, tapi beliau itu galak banget ya.
Pernah masa gua dimarahin di depan kelas gara2 nggak apal ayat. Trauma lho, kebawa sampe sekarang.

hijau said...

Aduh bener tar, aku jadi inget pas di tes ngaji disuruh kedepan kelas.
Untungnya aku sukses walau terbata-bata. Kakiku sampai gemeteran.
Mudah2an trauma nya udah berakhir. Kan udah ke tanah suci :)