Sunday, November 19, 2006

Anggun, My Love

Dulu, bagiku Anggun C. Sasmi hanyalah merupakan penyanyi rock tahun 80an biasa. Memang aku masih ingat, di masa SD-SMP, dia penyanyi yang diatas rata-rata, lagunya pun, Mimpi, cukup aku suka. Tapi that's it. Biasa aja. Seiring waktu berlalu, sekarang, tepatnya mulai beberapa tahun yang lalu, bagi aku Anggun adalah Miss Indonesia. Musik dan kecantikannya telah berevolusi mendekati kesempurnaan.
Telah lama aku ingin menonton dari dekat. Dan baru sekarang mimpi aku terkabul.
Anggun akhirnya konser di Bandung, tadi banget jam 8 malem. Sejak tahu kabar konsernya aku sudah langsung pesen tiket, VIP, dengan harapan aku akan sangat dekat dengannya. Hal yang akhirnya aku sesali. Harusnya aku di kelas Festival. Mumpung masih muda, harusnya aku berdiri di samping panggung. Mau loncat2 sesukanya , gak masalah. Aku nonton, sama Fanny, keponakanku.
Pertunjukan telat setengah jam. Tapi aku gak keberatan. Teriak, ikut nyanyi, bengong. Itu yang aku lakukan sepanjang konser. Dimulai dengan lagu "Kembali", Anggun membuka panggung dengan pakaian seksi. Tapi terus terang bukan itu yang membuat dia cantik. Segalanya tampak cantik dalam dirinya. Lagu demi lagu mengalun. Selama itu aku masih kagum. Vokalnya terdengar sama dengan yang ada di CD. Setelah jeda kedua untuk ganti kostum, Anggun memulai sesi lagu-lagu Indonesia di masa sebelum kepergiannya ke Perancis, masa rock 80an yang aku gak terlalu suka. Tapi ternyata aku salah, lagu-lagu itu diaransemen ulang oleh Andi Ayunir dengan balutan orkestra-keroncong yang unik. Aku yang sama sekali gak suka musik etnik, sangat-sangat terkagum-kagum. Lagu-lagu usang itu terdengar sangat segar. Setelah berduet dengan Andi /rif, Anggun kembali menyanyikan hits2 internasionalnya.
Apa daya segalanya harus berakhir. Anggun meninggalkan panggung berbalut bendera Indonesia.
Ya, dia orang Indonesia.
Aku meninggalkan Indonesia, tapi Indonesia tak pernah meninggalkan diriku.
Ah, Anggun....
(Nasionalisme tak pernah terlihat & terdengar seseksi ini)

No comments: