Tuesday, June 21, 2011

Modern Family, Castle, Criminal Minds -- A Must!

Sudah lama juga ga nulis tentang film atau serial televisi ya, ternyata. Baiklah, aku coba lagi nulis serial televisi (Amerika) yang rutin dan wajib aku tonton. Walau di Palembang sini aku gak punya tv kabel, aku tetap mengikuti serial-serial favorit aku. Thanks to internet dan lapak dvd bajakan!

Tiap browsing internet biasanya berujung di Empire Disc, Setra Sari Bandung. Lokasinya deket dengan rumahku, koleksinya banyak dan yang jaga pengetahuan filmnya lumayan oke. Sebetulnya ada banyak serial tv yang aku tonton, dimulai dari Spartacus (penuh darah, ketelanjangan dan cerita yang membosankan), Son of Anarchy (cerita gang bermotor dengan segala intriknya, cukup menjanjikan), CSI Vegas season 11 (sudah jauh kualitasnya dibanding season awal) dan lainnya. Tapi sudahlah. Aku bukan akan menceritakan serial2 tadi. Aku akan menceritakan 3 serial yang saat ini tak bisa aku lewatkan.

Modern Family.
Serial ini merupakan serial terbaik Emmy Award 2010 di season pertamanya! Menceritakan keluarga Amerika modern. Detail pilot, karakter dan casting bisa dilihat tautan wiki ini. Penulis naskah serial ini jenius. Dialognya sangat lucu sekaligus pintar. Sumpah, mengetiknya saja membuat aku merinding. Serial ini menceritakan keseharian keluarga normal, dan karakter yang tidak mengawang-awang. Satu hal lagi yang aku hormati adalah: tidak ada ketidaksenonohan di serial ini. Memang ada pasangan gay Cam dan Mitch. Tapi tidak ada ciuman berlebihan, ketelanjangan, umpatan kasar disini. Sebuah hal yang menyenangkan setelah kita diracuni serial semacam Weeds, Hung, Californication, dan lainnya.
Wajib tonton! Serial ini baru menyelesaikan season dua bulan kemarin.

Castle. Kalau yang ini agak lebih senior setahun. Sudah season ke-3. Awalnya aku mencari serial ini lebih karena disebabkan: Nathan Fillion. Ya, aku penggemar berat film Serenity dan serial Firefly yang dengan sadis dicut begitu saja di season pertamanya. Penasaran akan jadi apa dia di serial ini setelah sukses menjadi Kapten Malcolm Reynolds.
Ternyata walau bukan serial sci-fi, Nathan Fillion di serial ini masih mengusung karisma dan daya tarik yang sama. Serial ini menceritakan Richard Castle, seorang penulis novel detektif yang playboy,
celeb-like, sekaligus family man. Berkat koneksinya dengan sang walikota, dia diberi privilege untuk menguntit keseharian detektif Kate Beckett dan timnya dalam menumpas kejahatan kota New York. Chemistry Castle-Beckett di serial ini luar biasa. Dialognya cerdas. Peran duo detektif Esposito-Ryan yang selewat hanya seperti tempelan, pelan-pelan menjadi pelengkap yang tak bisa diabaikan. Selain di lingkungan kantor polisi, hubungan Castle di rumah bersama ibunya yang artis dan anaknya yang sangat normal juga baik hati menjadi bumbu yang menyenangkan.
Terus terang aku seringkali terhanyut hubungan romance/not romance Castle-Beckett. Superb!

Criminal Minds.
Yang ini samasekali bukan komedi. Dari judulnya saja kita sudah tau. Menceritakan BAU (Behavior Analysis Unit) memecahkan kasus yang mayoritas tentang pembunuhan. Beda dengan CSI yang mengandalkan evidence alias barang bukti, serial ini menganalisa pola pikir dan latar belakang si pelaku.
Unit ini terdiri atas Hotchner "Hotch" sang pimpinan yang sangat serius. David Ross, pejabat senior yang dipanggil menggantikan Gideon. Ross ini salah satu favoritku, tenang, pintar sangat mengayomi timnya (siapa sangka karakter ini diperankan Joe Mantegna si penjahat bodor di Baby's Day Out). Derek Morgan si spesialis pereka kejadian dan sahabat karibnya, si ahli IT nan menor, Penelope Garcia. Perbincangan Derek dan Garcia ini seringkali seperti sedang pacaran. Hiburan di tengah-tengah percakapan serius dan kejadian menegangkan. Dua agent perempuan Emily Prentiss yang agresif dan JJ Jareau yang bertindak semacam PR.
Yang terakhir adalah favorit aku, bayi ajaib FBI, Dr Spencer Reid. Walau masih muda, dia seorang doktor di bidang matematika, kimia dan engineering. Juga gelar bachelor di bidang psikologi dan sosiologi. Punya ingatan photographic dan memiliki kemampuan membaca sangat cepat.
Serial ini sudah menamatkan 6 season. Menonton serial ini membuat aku seolah-olah bisa menerka pikiran orang. Hahaha.

Ada yang punya TV series yang recommended? Tapi jangan serial Korea ya! *wink*

4 comments:

Sri said...

wah ulasannya keren ! kapan aku bisa mosting keq gini huehue :P
btw dari ketiganya aku cuman ngikutin castle...dan iya hub romance/not castle becket selalu membuat penasaran saja :)... gak sabar dg season 4nya :)

hijau said...

aduh, kayaknya too much deh :) Ini cuma pengalaman aku aja. Iya nih Castle Season 3 episode terakhirnya bikin nyesek banget

Anonymous said...

Suka dgn ulasan Criminal Minds...samaan niy...sy jg suka Dr. Spencer Reid....dr ibu yg schizophren ada anak hebat mcm Reid....suka bgt klo pas dy awkward dideketin cwek...lucu!!

Unknown said...

Dr. Spencer Reid...favorit ane banget sist. eh tak lupa ada NCIS juga dengan karakter Toni dan Ziva yg konyol abis...trus ada juga yg mirip Reid di serial ini...Mc Gee yang juga suka salting klo deket sama cewek..