Wednesday, January 30, 2013

Scam Lance

Dulu sekali.. aku pernah sangat suka dengan buku biografinya Lance Armstrong, It's Not About The Bike. Reviewnya pernah aku tulis di sini. Buku itu kemudian aku berikan kepada temanku yang kebetulan adiknya sedang menjalani kemoterapi karena kanker. Saat itu, aku berjanji pada diriku sendiri akan membelinya kembali, walau harus pesan ke Amazon atau Periplus. Tapi pas aku sedang jalan-jalan di pameran buku bekas, aku beruntung menemukan buku ini kembali.

Berkat buku itu, aku sangat mengagumi Lance. Aku bahkan punya gelang karet (rubber band) kuning khas Livestrong. Yayasan kanker yang dipimpinnya.

Beberapa bulan kemudian, aku membaca berita yang sangat mengejutkan. Lance Armstrong dituduh menggunakan doping pada saat dia meraih gelar juara Tour de France. Ketujuh-tujuhnya! Berita ini kemudian bergulir menjadi lebih buruk. Ternyata tuduhan ini sudah sangat lama sekali, akan tetapi Lance selalu menyangkalnya, dan tuduhan itu memang tidak terbukti. Tapi, tidak kali ini. Lance terpojok. Semua sponsor meninggalkannya. Bahkan seluruh gelar harus dicopot. Tuntutan ganti rugi pun mengalir deras. Lance masih menyangkalnya. Sampai akhirnya dia diwawancara Oprah. Dia mengakui semua kebohongannya.

Berita ini memang mengejutkanku. Tapi entah kenapa, tidak terlalu mengubah apapun. Ya, aku jadi tidak kagum lagi dengan Lance. Tapi pengetahuan yang didapat dari buku itu tetap aku rasakan berguna. Aku jadi lebih mengetahui tentang Tour de France. Aku jadi lebih mengetahui tentang kanker. Dan, oh ya. adik temanku itu kini dinyatakan bebas dari kanker. Sedikit banyak, entah iya entah tidak, mungkin buku itu cukup membantu menumbuhkan semangatnya untuk sembuh.

Well, mungkin pada akhirnya apapun akan bermuara pada kita sendiri. Akan jauh lebih baik kalau kita mengambil kebaikan dari setiap cerita. Walaupun cerita itu sebuah kebohongan.

No comments: