Monday, August 24, 2009

Cerita Puasa

Cerita puasa dari masa kemasa versi aku (yang aku inget tentunya):

Pertama puasa sekitar umur 5, pokoknya pas belum sekolah SD. Penuh sampai maghrib. Suatu hari aku makan ubi mentah, pas lewat kakakku yang lagi duduk-duduk sama temannya, ubi itu aku sembunyiin di belakang badan, takut kakak aku minta. Tapi ketahuan, si Dodi Batal! Si Dodi Batal! Yah..aku lupa kalau hari itu lagi puasa. Langsung deg2an. Akhirnya dilanjutin dengan gak puasa, karena belum ngerti hehe. Padahal pas maghrib Apih sudah menyiapkan hadiah kejutan, yaitu kaset kompilasi lagu anak-anak, seperti balonku, kebunku dll. Senangnya.

Pas kelas 1 SD, diajak ngabuburit sama anak yang jauh lebih gede. Jalurnya: Sarijadi – Setra Sari - Karang Setra – Sukajadi – Pasteur dan balik lagi ke Sarijadi. Anjrot! Aku kecapean, sampai di gandong segala. Beberapa kali istirahat. Pas nemu mata air, langsung aku minum. Nyampe rumah jam 4 sore. Langsung tidur dan buka pas maghrib.

Pas kelas 3, disuruh ngebantuin ibuku masak. Si Amih mau masak sayur sop. Diam-diam aku ambil baso mentah satu biji, masuk ke kamar mandi, terus dikunci. Baso itu aku makan hehehe.

Kelas 4, aku, Apih, kakakku pergi ke alun-alun buat cari baju lebaran. Karena kelamaan aku gak tahan, akhirnya aku merengek untuk batal. Si Apih terpaksa membelikan aku teh botol.

Pernah aku beli lotre endog cakcak yang berhadiah macem-macem, piring, mainan, permen karet, gelas, dan banyak lagi. Suatu waktu aku menang. Hadiahnya Rinso sachet. Aku bawa kerumah. Pas ibuku pulang dari kantor aku menunjukannya. Dan menyangka aku dikasih tim promosi Rinso. Tapi langsung marah besar pas tahu itu didapat dari hasil lotre, dan bilang: MATAK BATAL SIAH PUASANA!!

Mesjid Al-Hidayah deket rumah adalah tempat favorit buat ngikutin ceramah subuh dan sholat tarawih. Selain itu memang aku harus nulis ceramahnya sih. Rekor terburuk: males nulis ceramah, mending nyalin dari ceramah yang ada di Koran PR. Rekor terbaik: nulis semua ceramah kuliah subuh dan tarawih, bukunya sampai dua jilid. Hoek hahaha.

Kegiatan setelah sholat subuh adalah maen badminton, setelah agak terang dilanjutkan maen monopoli. Sorenya jalan-jalan atau pernah ngebantuin bu Salimin, tetanggaku, nungguin dagang kolek. Suatu kali pas lagi membersihkan kolek pake kain serbet gak sengaja pecah satu bungkus. Tapi ke bu Salimin aku bilang pecah dengan sendirinya. Punten nya, bu!

Petasan adalah hal yang biasa di komplek sarijadi. Aku juga kadang beli. Tapi kejadian fenomenal yang aku inget adalah rusaknya jempol si Uli, tetangga aku gara-gara petasan sampai diamputasi dan kedatangan dua polisi ke rumah Maman, tetanggaku juga, karena dia menjual petasan.

Pas lagi SMP, kegiatan favorit ngabuburit adalah baca buku Asterix, Johan Pirlouit, Steven Sterk, Petualangan Bur, Smurf, Lucky Luke, Nina, Trio Wiluka, Arad & Maya, dan banyak lagi. Semuanya kita sewa di taman bacaan Puragabaya. Patungan aku, Candra, Anggia dan Hendrik. Tapi diantara semuanya, favorit aku dan Candra adalah buku panduan berkemah yang dipinjam Candra di perpustakaan SD Sejahtera tapi gak pernah dikembaliin hehe.

Pas SMP juga, aku dan Candra punya agenda tahunan, yaitu beli baju lebaran bareng (terutama zaman keemasan: Country Fiesta, Posh Boy, Hammer, Osella, Giordano, OXA, dsb) dilanjutkan dengan buka puasa bersama diluar, seingetku kita pernah buka di KFC Palaguna, Canary Pizza (kangenn!!), dimana lagi ya?, lupa.

Jaman SMP-SMA, aku, Candra dan Hendrik sering ngabuburit ke Curug Aleh, dari mulai masih murni, sampai mulai diakuisisi oleh Studio Nyoman Nuarta. Setelah ditutup, kita pindah ke sawah deket sana (sekarang jadi perumahan Setra Duta). Disana ada dua saung (gubuk) favorit kita. Disana kita hanya ngobrol sambil terkadang membawa buku pelajaran atau buku cerita. Suatu hari kita bertemu dengan anak kecil yang ternyata bernama Dedi. Dia senang melihat majalah yang kita bawa. Kita menyebutnya Dedi si anak Desa hahaha.

Dan cerita itu semoga terus bertambah, walau setiap tahun terus berlalu.

3 comments:

Anonymous said...

haha urang seuseurian maca na...alus2 onta...meni lengkeup...

urang ge ngalaman jaman Hammer, posh boy...tapi urang lebih milih hammer, asa lebih gaul di jamannya...hahaha

baheula lamun urang maca Smurf sok beberapa kali...soalna hese ngarti...hahaha

hijau said...

heueuh urang ge hoream maca si Smurf! sok rea teu ngartina. hahaha

Anonymous said...

Satu lagi yg kelewat cerita nya dod tisoledat pas turun dr sawah pake celana pendek warna cream.....