Saturday, October 29, 2005

Music Review: Mike, Luther


Mike-Mike. Sejujurnya aku gak terlalu berniat nonton Indonesian Idol "season" ke dua dulu, apalagi setelah Joy menang di season pertama. Boring. Apalagi Indonesian Idol kedua ini diputer barengan dengan American Idol, dimana favorite aku Bo Bice masuk final. Tapi gara-gara keponakanku suka nonton, aku jadi gak sengaja. Ternyata ada yang menarik perhatian aku --Mike-- suaranya unusual, keren. Tapi, ah aku pikir dia paling cuma bisa lagu slow aja. Eh, tapi ternyata, setelah nyanyi lagu "Sinaran-Sheila Majid" dia ternyata keren banget! Setelah itu baru aku ngejagoin dia.
Dan kemarin, semingguan lebih, Mike ngerealease album baru, album yang aku tunggu-tunggu, judulnya Mike, juga. Tapi baru kasetnya, CDnya belum ada, nah baru tadi banget aku beli dan selesai ngedenger albumnya. Terus terang awalnya aku khawatir, well sangat khawatir tepatnya, dia akan ditangani orang yang salah, mengingat track di album Indonesia Idol, Album Cinta, semuanya, kecuali Mike, "rusak".
Aku gak keberatan dengan tampilan kemasan CD, yah terkesan terburu-buru, tulisan liriknya dipaksakan biar pas dua lembar bolak-balik. Gara-gara BBM naik kali ya. Well--gapapa fair enough untuk harga 45 ribu saja, yang penting kan isinya.
Pas aku denger track pertama "Semua Untuk Cinta", ah..aku lega suaranya masih bagus, lagunya juga enak. Lagu ini dinyanyikan pas lagi final di TV dulu, juga dinyanyikan Judika, sang runner-up. Track-track berikutnya perlahan tapi pasti menjadi rusak. Bukan, bukan suaranya yang rusak, tapi lagunya, ya ampun basi banget, terutama "Terbaik" dan "Yang Hitam" baik lirik maupun melodinya aneh, gak cocok banget buat Mike. Sebal banget rasanya! Untungnya track 6, cukup memberi angin segar "Cinta 'Kan Membawamu Kembali" (lagu yang juga ada di kompilasi Indonesian Idol), bahkan lagu selanjutnya "Sempurnalah Mimpiku" sangat keren banget, perfect!
Tapi kemudian track berikutnya kembali datar, bahkan lagu ciptaannya Glenn Fredly, "Cinta Tak Bertuan" terdengar sangat biasa. Lagu berikutnya yang terdengar agak lumayan cuman lagunya Yovie Widianto, "Arti Kesetiaan". Sayangnya lagunya Indra Lesmana yang jadi soundtracknya acara reality show gak ada di album ini.
Grrr...Mike, for next Album, GET ANOTHER PRODUCER!!!


So Amazing, An All Star Tribute To Luther Vandross-Various Artist. Album ini sekalian aku beli bareng album Mike di Aquarius Dago. Nyaris saja, dulu, aku mau beli di Amazon, untunglah akal sehat menyuruh aku untuk bersabar menunggunya beredar disini. Aku memang fansnya Luther sejak SMA dulu. Jadi pas denger berita dia meninggal beberapa bulan lalu, agak-agak sedih, sih.
Kayaknya ini album tribute pertama yang aku miliki. Ternyata lucu juga denger lagu idola dinyanyiin sama penyanyi lain yang juga terkenal..Deretan penyanyinya gak main-main, Mary J Blige, Usher, Fantasia (juara American Idol season 3), Beyonce & Stevie Wonder, Aretha Franklin, Donna Summer. Alicia Keys, Elton John, Celine Dion, Wyclef Jean, Babyface, Patti Labelle, John Legend--my favorite, the next Luther--, Angie Stone, dan Jamie Foxx--ya, si peraih Oscar, itu.
Gosh, album ini menakjubkan. Semua lagu-lagu Luther dinyanyikan dengan luar biasa, dengan gaya dan ciri masing-masing, tapi tidak berlebihan --well, kecuali Aretha Franklin :) sorry ya nek--jadi esensi lagu masih terasa. Dan, yang aneh, aku merasa semua penyanyi, yang notabene sahabat dan fansnya Luther , seperti meratap dan berdialog dengan Luther. Bener deh, apalagi Celine Dion yang menyanyikan "Dance With My Father".
Miss you, Luther...

2 comments:

di said...

Ternyata lagunya MIKE lempeng dan lemes semua...cuman lagu pertama aja yg OK. Ga ada yang Hip Hop apa ? atau mungkin sedikit Nge-Rock, kalo "MONITA " kapan ya ngeluarin ALBUM ? album foto kalee !

Ga jadi beli ah, so what ?

Anonymous said...

ga usah sampai 3x gitu deh. be. he.. Tapi sebetulnya aku masih suka kok MIKE :) Monita? Please deh..