Friday, August 12, 2011

Menonton Kembali Film Jadul

Tiba-tiba saja aku kangen film-film bioskop tahun 90an. Masa-masa SMA, masa-masa kuliah. Semakin aku mengingat, film yang kebetulan memang ingin aku tonton (lagi) adalah film bergenre komedi romantis. Dan kalau kita liat lagi, film-film yang aku tonton lagi ini, lumayan "aman" selama Ramadhan. Paling maksimal ada adegan kissing nya saja. Tidak lebih dari itu. Inilah film-film itu:

While You Were Sleeping (1995). Film Sandra Bullock setelah Speed. Aku masih inget dulu nonton di BIP (Bandung Indah Plaza). Bela-belain pulang ke Bandung (kala itu kos di Jatinangor). Menceritakan tentang Sandra Bullock sebagai Lucy, seorang penjaga peron di stasiun kereta api di Chicago. Dia hidup sebatang kara. Karena tanpa keluarga itulah, Lucy sering diminta masuk kerja di hari libur Natal. Di hari itu pula dia menyelamatkan seorang pria ganteng yang jatuh ke rel kereta api, dan Lucy menyelamatkannya. Pria itu, Peter (Peter Gallagher) pun kemudia koma. Lucy mengaku sebagai tunangannya. Masalah semakin rumit ketika ternyata Peter memiliki keluarga besar. Keluarga yang tak pernah dimilikinya.
Film ini memang salah satu rom-com favorit aku. Chemistry antara Sandra Bullock dengan keluarga Callaghan sangat natural. Kehangatan dialog berjalan kontras dengan salju Chicago yang terkesan sangat dingin. Kalo dilihat lebih dalam, themanya sangat telenovela, tapi beneran deh, film ini sangat layak untuk ditonton. Terutama untuk perempuan, atau untuk penggemar berat Sandra Bullock (seperti aku). Hehehe.

As Good As It Gets (1997). Menceritakan tentang Melvin (Jack Nicholson), seorang penulis sarkastis penderita OCD (Obsessive Compulsive Disorder)> Melvin ironisnya seorang penulis buku romance. Seperti penderita OCD lainnya, Melvin suka akan keteraturan dan kebersihan. Makanya Melvin membenci tetangga gaynya (Gregg Kinnear) yang memiliki anjing lucu tapi sering pipis di koridor apartemen. Melvin juga wajib sarapan di Cafe dan harus dilayani oleh Carol (Helen Hunt).
Film ini benar-benar membuka mataku, sekaligus bukti bahwa manusia itu sangat kompleks. Manusia memiliki banyak kebaikan walau tampak luarnya sangat mengerikan. Jack Nicholson dan Helen Hunt mendapatkan Oscar untuk aktris dan aktor terbaik. Tonton dan bersiaplah tercengang dengan kenyataan bahwa orang seseram Jack Nicholson bisa dengan sangat meyakinkan menjalin hubungan dengan Helen Hunt yang manis.

terakhir, One Fine Day (1996). George Clooney dan Michelle Pfeiffer. Dua nama yang hot di tahun 90an. Dan bayangkan keduanya dalam satu film. Menceritakan tentang Jack seorang wartawan dan Melanie seorang arsitek. Mereka masing-masing bercerai dan memiliki satu anak. Nah anak-anak mereka itu teman sekelas. Di suatu hari yang hectic, keduanya secara tak sengaja tertukar hanndphone. Jadi masing-masing terpaksa harus saling berkomunikasi, walau di awal sempat terlihat saling membenci.
Film ini mengkombinasikan romance, humor dan kelucuan anak-anak. Selain itu film ini juga menandakan sebuah era dimana komunikasi menjadi semakin rumit atau praktis dengan sebuah alat bernama handphone. Tapi lihatlah bentuknya, masih sebesar batu bata! Hahaha.

Selamat Menonton :)

3 comments:

Sri said...

kemarin coba nonton while you were sleeping, tapi tetep paling favorite one fine day deh :)... eh ditunggu film2 yang lainnya..lumayan buat rekomen juga :P

Peni said...

baru nonton yang As Good As It Gets, itupun dua tahun lalu nontonnya... hahaha... thanks God, ada dvd... belum punya yang pertama ama ketiga, rencananya kalo hunting dvd, mau beli yang dua itu, deh... hehe...

hijau said...

wajib tonton!!! ayohhh donlot ajah hehehe