Thursday, October 04, 2007

The Return of Boy (Man) Band

Aku suka sekali musik pop. Tapi sayang sekali, pop seringkali diartikan pop tarts (Britney Spears, Christina Aguilera and the gang) atau boyband (Nsync, Backstreet boyz dan banyak gerombolan cowok Inggris). Seringkali pop ini jadi sasaran empuk para kritisi dan tentu saja eksploitasi bisnis. Bahkan kita kadang malu dan sembunyi hanya untuk mendengarkan "It's Gonna Be Me"-nya Nsync.
Sempat dulu zaman SMP, ketika New Kids On The Block sangat booming, seolah sudah ditasbihkan boy band itu hanya untuk perempuan dan --well-- banci. Dan lelaki seharusnya memilih Guns N Roses atau Anthrax atau Sepultura dan sejenisnya.
Coba kita dengarkan musiknya, hilangkan semua teriakan perempuan di sekitarnya, sekalian juga hilangkan dance routine mereka. It's all about musik yang menyenangkan. Dan segalanya telah berevolusi. Coba dengarkan lagu Unskinny Bop dari group rock Poison, walau berbalut lengkingan gitar, it sounds like pop to me.
Secara tak sengaja, kemarin aku nyari video klip Color Me Badd, judulnya Choose, sialnya gak ketemu malah ada orang aneh yang narsis (tapi sekaligus menggelikan) menyanyikan lagu itu. Semakin aku mencari ternyata aku menemukan hal lain. Acara Mission: Man Band di VH1, sebuah reality show yang mencoba menggabungkan alumni boy band tahun 90an menjadi sebuah band baru. Bryan Abrams (Color Me Badd), Rich Cronin (LFO), Jeff Timmons (98°) dan Chris Kirkpatrick (Nsync) bergabung di acara ini. Sangat mengejutkan, dalam pikiran aku semua dulu terkenal dan tentunya banyak uang, jadi seharusnya mereka menikmati masa pensiun mereka. Ternyata semua salah. Mereka masih harus berjuang menghadapi setannya masing-masing. Bryan menjadi gemuk, "miskin", dan harus berjuang mengatasi kecanduan alkohol, Rich bergelut dengan Leukimia akut, Jeff tetap mencoba struggle menjadi orang dibelakang layar dunia musik dan Chris yang kesepian.
Semua harus berjuang dari awal lagi. Menghadapi kerasnya dunia musik. Acara ini menarik, terlebih ketika mereka bernostalgia menceritakan kejayaan band mereka dulu. Tapi satu hal yang tidak berubah, mereka masih memiliki bakat yang hebat. Bahkan Chris yang pernah dengan satir bilang bahwa dia hanya backup singer, ternyata memiliki karakter vokal yang unik dan cukup kuat. Favorit aku tentu saja Bryan yang bertindak sebagai lead vocalist di group yang akhirnya diberi nama Sureshot ini. Coba berkunjung ke situs mereka, dan dengarkan lagu-lagu mereka. Cool!

6 comments:

Taiko Tari said...

Jadi mikir... itu orang2 New Kids on The Block pada ke mana ya?
Dulu saya Blockhead begitu lho, jreng. hehehe

hijau said...

Saya juga dulu blockhead, tar (tapi termasuk yg sembunyi-sembunyi) dan punya t-shirt Metallica untuk menyamarkannya :)

Jordan masih nyanyi, terakhir ngeluarin album bareng Debbie (sekarang Deborah) Gibson. Joey masih bikin album juga, single terakhinya (setahun lalu), LA Blue cukup booming disini. Donny main film, masih inget yg nembak Bruce Willis di Sixth Sense? Danny Wood yg ini out of radar, punya pusat kebugaran di Boston. dan Jonathan bekerja sbg arsitek, terakhir muncul di Oprah ngebahas demam panggung akut yg dia derita.
Yay...ternyata aku masih blockhead hahaha.

Taiko Tari said...

wahahaha... lengkap begitu dia ceritanya!!!

Sip lah Dod. Thanks for the update. Akhir2 ini jarang posting ya?

hijau said...

iya, tar. Kerjaannya ini lho... menakutkan! Mudah2an cepet lebaran biar bisa libur :(

di said...

sepertinya kata "menyamarkan" cukup menarik, seperti aku, menyukai peterpan "disamarkan" dengan membeli semua CD metallica...ha.ha. teu nyambung nya onta.

hijau said...

oh jadi metallica itu cuma samaran ya be. Kalo cuma nyamar mah gak usah beli ke amazon segala atuh hahaha.